KECAMATAN KAPUR IX

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Potensi Panas Bumi Aia Angek Muaro Paiti

Admin
Senin, 20 Februari 2023
259 Dibaca
...

Muaro Paiti 20022023 __ Sumber Aia Angek (air panas) yang terdapat di Nagari Muaro Paiti memiliki potensi yang cukup besar untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat khususnya dan Kapur IX pada umumnya.  “Panas bumi seperti Aia Angek di Nagari Muaro Paiti ini bisa dimanfaatkan secara tidak langsung untuk PLTP dan secara langsung sebagai tempat pemandian air panas,” Kata Ketua Tim Survey Rinci Panas Bumi di Daerah Muaro Paiti, Badan Geologi Pusat Sumberdaya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi Kementerian ESDM RI, Lano Adithya Permana pada Sosialisasi Survey Rinci Panas Bumi dengan Metode  Geologi, Geokimia dan Geofisika di Daerah Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota pada Senin, 20 Februari 2023 di Gedung UDKP Kec. Kapur IX.

Pada sosialisasi survey yang dihadiri oleh Forkopimca Kapur IX, Wali Nagari beserta perangkat, dan  tokoh masyarakat dari Nagari Muaro Paiti, Lubuak Alai dan Koto Bangun, Lano menyebutkan bahwa untuk mengetahui kondisi lebih detail dari Aia Angek Muaro Paiti ini dibutuhkan penelitian yang merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya yang sudah dilakukan pada tahun 2019 lalu. “Pada tahun 2019 kami melakukan penelitian hanya menggunakan satu alat yang mengukur kualitas Aia Angek seperti pH, suhu dan lain-lain. Pada penelitian kali ini akan kami lakukan dengan metode Geologi, Geokimia dan Geofisika sehingga bisa mendapatkan data jenis kandungan mineral yang ada di Aia Angek, sumber Aia Angek tersebut dan data-data lainnya seperti kemungkinan aliran Aia Angek ini sampai di mana serta berapa besar cekungan Aia Angek yang ada saat ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menyatakan dari hasil penelitian yang akan dilakukan pada area 12 x 12 KM2 dari pusat Aia Angek yang ada saat ini, hasil penelitian kali ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kepada sektor hilir untuk pengembangan lebih lanjut baik terutama untuk pengembangan perekonomian masyarakat di sekitarnya.  “Ketika hasil penelitian ini nantinya sudah keluar, kami berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Lokasi Aia Angek pada saat ini sudah didaftarkan sebagai desa wisata oleh Pemerintah Nagari Muaro Paiti dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Nagari Muaro Paiti. Dengan adanya penelitian terhadap Aia Angek ini diharapkan dapat mendukung pengembangan Desa Wisata Aia Angek kedepannya.

Berita terkait
Jumat, 15 November 2019 592 Dibaca
Selasa, 12 November 2019 326 Dibaca
Selasa, 20 Agustus 2019 296 Dibaca
share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback